Perempuan Dan Jurnalistik


Kesetaraan gender (emansipasi) kerap kali menjadi perbincangan dan menimbulkan opini-opini tersendiri dalam masyarakat, kita tahu bahwa segala sesuatu itu memiliki kekurangan serta kelebihan begitu juga dengan kaum perempuan. Akhir-akhir ini emansipasi sering mengarah kepada penuntutan persamaan gender, karena sampai kapanpun kodrat perempuan tidak akan bisa menjadi pria. namun masalahnya banyak kaum perempuan yang sering menyalahkan hak yang diberikan kepadanya itu. Emnasipasi ini sering disalah artikan oleh kaum perempuan hingga tak sedikit kaum perempuan yang terjerumus dalam problema tersebut.

Beberapa contoh kaum perempuan masa kini, mereka cendrung mengundang aurat dengan harapan bisa menjadi terkenal. Saat sekarang ini, media massa banyak yang memposisikan perempuan sebagai objek dan cenderung menyudutkan perempuan, semua itu memang dimulai dari kaum perempuan itu sendiri, dengan tidak adanya rasa malu serta merasa berdosa mempertontonkan aurat dan ditonton jutaan masayarakat. Lunturnya nilai kaum perempuan yang dijatuhkan oleh kaum perempuan itu sendiri. 

Oleh sebab itu peran penting para jurnalis perempuan berkiprah di dunia jurnalisme untuk merubah image seperti itu. Banyak hal positif dalam diri perempuan yang dapat di publikasikan bukan sebaliknya malah melakukan pengeksploitasian terhadap kaum perempuan dengan mengumbar aurat. Hal ini tentu saja sangat berdampak terhadap image kaum perempuan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga tidak sedikit kaum permpuan yang menjadi korban seksualitas kaum pria. Kiprah perempuanlah yang seharusnya mengangkat dan mengemas pemberitaan perempuan dengan baik di berbagai media. 

Dalam profesi apapun, jelas kulitas dan kinerja setiap orang tidak dipengaruhi Gender, tapi kembali kepada diri masing-masing individu. Dengan demikian setiap orang haruss lebih peduli karena masih babnyak perempuan yang kkurang beruntung dan mesti adanya pertolongan. Beberapa hal yang perlu dibenahi masih banyak kaum perempuan yang menderita dan salah kaprah serta kaum lelaki yang tersesat. Jurnalis mempunyai peran besar dalam menentukan arah yang lebih baik dikarenakan profesinya yang berdekatan dengan yang mampu mengubah persepsi dan tingkah laku masyarakat.

Related Post